Rabu, 16 September 2015

Fandom Hangout, Pesta Ulang Tahun TMIndo bareng Yoshi dan Peter Sudarso

Hallo, Shadowhunters !!! Apa kabar nih semuanya? Semoga hari kamu secerah hari para penghuni Institut Jakarta ya, yang baru aja merayakan ulang tahunnya yang ke-4 hari Sabtu tanggal 12 September 2015 kemarin.

Pastinya pada pengen tau dong apa yang dilakuin para penghuni Institut Jakarta di hari ulang tahunnya? Yaah setelah hari-hari, minggu-minggu, dan bulan-bulan sebelumnya kami sibuk membasmi iblis, menghukum Penghuni Dunia Bawah yang nakal serta mempertaruhkan nyawa melawan para Yang Tergelapkan yang kayaknya sih pantang menyerah itu.... boleh dong kita senang-senang 1 hari aja bareng para warga Dunia Bayangan lainnya? Nggak cuma itu, kita juga merayakannya bareng sama fans dari fandom lainnya di antaranya SHFIndonesia @shfindo (yang hobi banget koleksi figur dan mainan tokoh-tokoh kartun/superhero), The Maze Runner ID @TheMazeRunnerID (yang merupakan komunitas pencinta novel dan film trilogi The Maze Runner) juga bareng Cosplay ID (yang sangat menggemari mengenakan kostum tokoh-tokoh kesayangan dan memeragakannya).

Tentunya, semua itu jadi tambah spesial pake banget dengan kehadiran bintang tamu utama kita.... jreng jreng... siapa lagi kalau bukan ... THE SUDARSO BROTHERS, YOSHI AND PETER, ladies and gentlemen! 



Seperti yang sudah kita tahu, Yoshi Sudarso lahir dan tinggal di Indonesia, sampai kemudian pindah ke Amerika sewaktu umur 9 tahun dan menetap di sana sampai saat ini. Yoshi memulai karirnya dengan ikut membintangi beberapa iklan di layar kaca. Karirnya juga menjajah ke dunia stuntman, di mana Yoshi berperan sebagai stuntman dari Ki Hong Lee, pemeran Minho dalam film The Maze Runner. Yoshi juga memerankan karakter Jem Carstairs dalam book trailer Clockwork Princess, buku terakhir dari trilogi kesayangan kita, The Infernal Devices, karya Cassandra Clare. Yoshi juga memerankan karakter Koda dalam serial Power Rangers Dino Charge. Selain itu Yoshi juga merupakan seorang model dan cosplayer.

Adik Yoshi, Peter Sudarso juga asli Indonesia yang lama tinggal di Amerika. Dia juga merupakan seorang aktor, model, dan bintang iklan. Dia juga merupakan seorang fashion blogger.

Nah, acara kumpul beberapa fandom bersama Yoshi dan Peter ini diadakan hari Sabtu, 12 September 2015 kemarin pukul 14:00 - 17:00 di Marche Restaurant, Grand Indonesia. Gimana serunya, baca terus, this is a long post because the event was really fun!

Yoshi datang disambut jeritan histeris fans

Yoshi dan Peter datang bersama Sarah Sudarso, Bethany Struble, dan si imut Kylie. 

Dari sesi tanya jawab, Yoshi dan Peter menjawab semua pertanyaan dengan ramah tapi sekaligus juga penuh semangat, dengan menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia!

Bagaimana Yoshi bisa terlibat dalam film the Maze Runner sebagai stuntman? 
Menurut Yoshi, hal tersebut terjadi ketika Peter mengikuti audisi di film The Maze Runner, untuk peran Minho. Dia tidak berhasil mendapatkan peran tersebut tetapi saat itu Yoshi yang ikut mengantar Peter audisi malah menarik perhatian kru casting. Karena Yoshi bilang pernah mengikuti kursus martial art dan dengan postur tubuh yang cukup mendukung, akhirnya dia ditawari untuk menjadi stuntman Minho.

Bagaimana Yoshi bisa terpilih sebagai pemeran Koda dalam serial tv Power Rangers Dino Charge? 
Yoshi ikut audisi Power Rangers Dino Charge awalnya dari googling nama casting directornya kemudian dia bertanya kalau-kalau dia dan Peter bisa ikut audisi. Ternyata bisa, namun prosesnya sangat panjang dan berliku. Awalnya Peter masuk pertimbangan, sayangnya Peter gagal mendapatkan peran tersebut dan peran Ranger Blue didapatkan oleh Yoshi. Dalam franchise Power Rangers sebelumnya, Peter pernah mendapatkan peran Black Ranger di Power Ranger Megaforce namun sayangnya digantikan oleh aktor lain di detik-detik terakhir.

Yoshi dan Peter selalu ramah menjawab pertanyaan peserta undangan


Apakah Yoshi melakukan adegan stunt sendiri di Power Ranger Dino Charge?
Yoshi menjelaskan dia tidak diperbolehkan melakukan stunt ketika dia berperan sebagai Koda. Karena dia merupakan bintang utama, bukan hal bagus kalau dia sampai terkena cedera dan sebagainya, karena akan mengulur jadwal syuting dan produksi.

Tentang berkarir di Hollywood
Menurut Yoshi dan Peter, mendapatkan peran di Hollywood sama sekali bukan hal yang mudah dan membutuhkan banyak perjuangan, kesabaran, dan mental yang sangat kuat. Hollywood masih sangat membatasi peran karakter dari Asia dalam film dan serial tv mereka. Dalam setiap produksi dan penayangan film ada standarisasi jumlah, plot, dan keterlibatan orang Asia. Dan jika tidak benar-benar punya pengalaman dan kualifikasi yang bagus sesuai kriteria mereka, maka peran tersebut sulit didapatkan. Paling tidak, bisa lolos dan mendapat peran dalam 1 film itu mungkin hanya bisa untuk 1 atau 2 orang Asia saja, dari 100 atau lebih kandidat.

Salah satu Shadowhunter bertanya pada Yoshi dan Peter


Apakah mengikuti audisi untuk serial TV Shadowhunters?
Jawabannya adalah YA! Yoshi bercerita dia sempat mengirimkan video audisi untuk peran Magnus Bane dalam serial tv kesayangan kita, Shadowhunters. Tetapi dia belum berhasil dan seperti yang kita tahu, peran tersebut jatuh ke tangan Harry Shum Jr. Yoshi bilang dia sudah bertemu langsung dengan Harry dan dia mengakui Harry orang yang sangat keren dan sangat pas untuk jadi Magnus Bane. Dan saking kerennya Yoshi mengaku tidak mungkin bisa mengungguli dia.


video
Yoshi menceritakan tentang serial TV Shadowhunters yang melakukan audisi di Kanada 


Peter tentang keterlibatannya dalam dunia layar kaca
Peter bercerita dia pertama kali membintangi iklan ponsel Apple kemudian Nokia Lumia. Yoshi juga menambahkan salah satu iklan yang dibintanginya yang sering tayang di televisi Indonesia yaitu iklan rokok Djarum Super Mild edisi Flyboard.



Karakter favorit untuk cosplay? 
Awalnya, Peter menjawab karakter Sasuke Uchiha dari serial anime Naruto. Tetapi kemudian dia berubah pikiran dan mengganti dengan karakter Nightwing dari DC Comic dan Yoshi menjawab karakter Spiderman.

Ada pula salah satu undangan yang ternyata merupakan penggemar setia Yoshi dan Peter. Dia bercerita dia sudah mengikuti semua blog Yoshi, Peter, Bethany selama 6 tahun. Dia bahkan membaca dan menceritakan sedikit isi blog awal mereka yang berjudul Made in China, yang juga menceritakan sedikit kisah pertemuan Bethany dengan Peter. 

Fans keluarga Sudarso ini pun ditawari foto keluarga :D


Di tengah - tengah sesi tanya jawab, kue ulang tahun datang menginterupsi. Beberapa staf Restoran Marche membawa kue ulang tahun tersebut lengkap dengan membunyikan lonceng dan menyanyikan lagu Happy Birthday. Mengingat Peter juga berulang tahun di akhir bulan Agustus, maka Peter mewakili TMIndo dalam sesi peniupan lilin ulang tahun.

Kue ultah TMIndo yang bertabur rune


Selain tanya jawab, ada juga sesi games di acara Fandom Hangout ini. Pokoknya para peserta acara juga Yoshi dan Peter puas ngakak di sesi ini.

Game Menebak Makanan Indonesia
Game dari TMIndo yang pertama untuk Yoshi dan Peter adalah menebak makanan Indonesia. Sebelumnya MC menanyakan kepada mereka berdua apakah mereka masih mengingat makanan Indonesia. Mereka menjawab "Ya!", apalagi mereka sudah berkunjung ke beberapa tempat di Indonesia dan mencicipi makanan-makanan khas Indonesia. Mereka masing-masing diberikan 8 gambar makanan dan 8 nama makanan yang sudah diacak. Tugas mereka adalah mencocokkan nama dengan gambar makanan tersebut secara tepat.

Tutup mata Peter biar ngerjainnya lama, gitu kali ya pikirnya Yoshi


Lempar yang jauh aja deh, biar bisa curi start  ( -__-" )


Saling memunggungi gini, padahal soalnya nggak sama :D 


Game berlangsung super heboh, Yoshi mengganggu Peter dengan melemparkan papan styrofoam milik Peter dan dibalas oleh Peter dengan menyerang Yoshi sehingga papan milik Yoshi sedikit patah.

Pada akhirnya Peterlah yang lebih dulu menyelesaikan game ini dan menjadi pemenangnya. Dia bisa menebak 8 makanan dengan tepat, yaitu kerupuk, es teler, sate, martabak telor, gulali, lemper, rujak, dan bakso. Yoshi berhasil menebak 5 makanan dengan benar, yaitu mie ayam, cendol, rambut nenek, gado-gado, pastel sedangkan 3 lainnya tertukar. Yoshi meletakkan nama “pempek” pada gambar peyek, “peyek” pada gambar asinan, dan “asinan” pada gambar pempek. Peter ternyata mengenal benar makanan Indonesia karena dia bisa mengoreksi tebakan Yoshi yang salah. Dia terus berteriak “Pempek.. pempek.. bukan yang itu!” Hahahahahaha.

Tampang Yoshi saat tahu Peter selesai duluan. Padahal udah menghalalkan segala cara... :D 

Hadiahnya t-shirt Shadowhunter. Pakai kaos ini kegantengan mereka bisa nambah 2x lipat :D


Game Who Am I?
Game kali ini melibatkan dua peserta Fandom Hangout yang harus menebak karakter yang akan diperagakan oleh Yoshi dan Peter. Karakter tersebut bisa berasal dari movie atau animasi. Dan lagi-lagi team Peter-lah yang memenangkan games ini. Peter memeragakan King Kong, Jack Sparrow, Baymax, Koda, Naruto, Legolas, Ultraman, Harry Potter, Sailor Moon, Wolverine, Superman dan partner gamenya berhasil menjawabnya dengan tepat kurang dari 3 menit.

video
Sudah total peragain Catwoman sampai bergaya ganjen, belum berhasil ditebak juga!


Pemenang games Who Am I ini dapet buku The Mortal Instruments 1-6 sepaket! Kyaaa!

Game Vamola Dance
Game ini merupakan dance dari Kyoryuger ending song "Minna Atsumare" dan merupakan games dari komunitas SHFIndonesia. Selain Yoshi dan Peter, games ini juga melibatkan 3 peserta lainnya dari undangan yang hadir. Seru banget, karena mengharuskan peserta menirukan gerakan dance tersebut. Malangnya bagi Peter yang ternyata tidak bisa melihat jelas tanpa kacamata, sehingga gerakannya tidak terlalu maksimal. Puk puk, Peter. 

Telepathy Game
Game yang ini dibuat oleh komunitas The Maze Runner ID. Ceritanya sih menirukan telepatinya Thomas dan Teresa. Cara mainnya adalah peserta melempar pertanyaan ke Yoshi dan Peter yang akan dijawab di  kertas untuk kemudian dicocokkan jawabannya.Contoh pertanyaannya antara lain :
"Siapa yang paling manja, Yoshi atau Peter?”
"Apa makanan Indonesia favorit Peter?”
"Apakah Yoshi mendengkur sewaktu tidur?"
 "Binatang yang ditakuti Peter?"
Sayangnya hanya 2 dari 5 pertanyaan yang jawabannya bisa sama. Ternyata, sebagai saudara banyak juga yang tidak mereka ketahui satu sama lain hihi..

Peter menjawab Telephaty Games dengan drawing. Talented banget ya. (pic: duniaku)

Para peserta games, termasuk Yoshi dan Peter, mendapatkan berbagai macam hadiah keren. Di antaranya adalah t-shirt dan snapback Shadowhunter dari @tokotmindo, 1 set The Mortal Instruments buku 1-6 dari Penerbit Fantasious, novel terbitan Penerbit Mizan, action figure Power Rangers yang kotaknya ditandatangani langsung oleh Yoshi dan Peter, dll. Sesi doorprize juga sangat seru karena hadiahnya sangat banyak dan menarik, yaitu beberapa novel dari Penerbit Mizan, berbagai merchandise dan poster dari TokoInstrumenMortal dan Pitscraft.

Acara ditutup dengan sesi tanda tangan, foto bersama dan sesi tambahan yaitu sesi saling memeluk :D  Yoshi dan Peter yang memang sangat ramah membuat beberapa fans menjadi sangat kegirangan, bahkan ada yang sampai menjerit histeris.

Antrian signing yang mengular panjang


 

#selfiewithkoda

Kapan lagi bisa dipeluk Jem Carstairs... eh Yoshi! (pic : duniaku)

Begitu seru, keren, dan meriahnya acara Fandom Hangout with Yoshi and Peter sehingga banyak yang sedih ketika acara berakhir. Kemeriahan acara pastinya tidak terlepas dari tingkah laku Yoshi dan Peter yang sangat heboh di sepanjang acara dan tak jarang mengundang gelak tawa undangan. Terima kasih banyak Yoshi, Peter, Sarah, Bethany, dan Kylie!

video
Yoshi dan Peter ngucapin ultah buat TMIndo

TMIndo sebagai salah satu pihak penyelenggara tentunya sangat berterima kasih kepada pihak-pihak yang telah bekerja sama untuk mendukung kelancaran acara ini. Mereka adalah SHFIndonesia, The Maze Runner Indonesia, CosplayID, Penerbit Fantasious, Penerbit Mizan, @tokotmindo, dan Pitscraft (Pipit Septiani, yang hadir bersama "Magnus Bane" yang sangat seksi), serta Marche Indonesia.


Pipit dari Pitscraft membawa warlock kece Magnus Bane. Dia pake hotpants, tapi better sih daripada nggak pake sama sekali kayak di film!



Yayy, we've got our #selfiewithkoda !! Peter being sassy in the back


Bareng Sarah, Bethany, juga ada Mbak Muthia dari Fantasious


Buat yang ingin melihat video acara, kamu bisa intip video Fandom Hangout yang dibuat oleh teman-teman dari @shfindo DI SINI.
Nantikan acara seru lainnya dari TMIndo ya, Shadow World fellows! Jangan lupa pantengin terus TL kami di twitter @TMIndo dan website kami untuk update acara dan kegiatan TMIndo.

Foto : dok. @TMIndo, @shfindo, @duniakunet

1 komentar:

  1. ah terimakasih ternyata foto sama Yoshi tertangkap kamera jugaaaaa !!!

    thanks or inviting me anyway !
    xo,
    Dee

    BalasHapus