Minggu, 14 April 2013

EXCLUSIVE : Ngobrol Bareng Yoshi Sudarso di Jakarta


Shadowhunters, pastinya sudah nonton Clockwork Princess booktrailer dong? Pastinya masih ingat juga kalau cowok yang memerankan Jem Carstairs dalam video booktrailer tersebut adalah Yoshi Sudarso. Sejak diketahui asal-usul Yoshi yang ternyata kelahiran Jakarta, 12 April 1989, Yoshi pun ramai dibicarakan oleh para Shadowhunters di Indonesia.

Seperti yang pernah diceritakannya pada TMIndo sebelumnya, Yoshi pernah tinggal di Jakarta selama 10 tahun sebelum pindah ke Los Angeles dan membangun karirnya di sana. Yoshi dikenal sebagai aktor, stuntman dan model yang cukup sukses di LA. (Baca tanya jawab Shadowhunters Indonesia dengan Yoshi Sudarso)

Tanggal 12 April 2013, saat yang sama Yoshi merayakan ulang tahunnya yang ke 24, kebetulan Yoshi sedang mengadakan kunjungan singkat ke Jakarta. Sebelumnya TMIndo dan Yoshi berencana mengadakan Meet & Greet dengan seluruh Shadowhunters, sayangnya karena jadwal Yoshi yang padat selama di Jakarta hal ini belum bisa diwujudkan. Namun TMIndo tetap menemui Yoshi di hotelnya di Jakarta, hampir tengah malam di tanggal 13 April 2013.

Sebelum memulai obrolan dengan Yoshi, salah satu dari kami memberikan kejutan dengan menyanyikan lagu Happy Birthday dan membawakan kue ulang tahun untuk Yoshi.


Yoshi dan kue ulang tahun


Berikut ini obrolan seru TMIndo dengan Yoshi aka Jem :

Apa kegiatannya di Jakarta saat ini? 

Saya belum bisa menceritakannya saat ini, tidak diperbolehkan tepatnya (sambil tertawa). Tapi bisa dijawab kalau saya di Jakarta untuk bisnis.

Sebelum mendapatkan peran Jem, apakah sudah tahu tentang The Mortal Instruments dan The Infernal Devices?

Sama sekali nggak tahu, sama sekali nggak ada informasi tentang itu. Saat audisi, bahkan mereka tidak menyebutkan kalau peran ini untuk Jem. Mereka menggunakan nama lain, Tim atau siapalah. Benar-benar nama yang asal. Sebenarnya saya datang ke audisi bareng saudara saya (Peter Adrian Sudarso), kami berdua sangat yakin Peter yang bakalan dapat perannya. Jadi saat mereka mengumumkan saya yang diterima, kaget banget.
Tentang The Mortal Instruments, menurut saya nggak banyak cowok di Amerika Serikat yang tahu tentang itu, karena sepertinya ceritanya lebih disukai oleh remaja cewek. Setelah diberitahu saya mendapatkan peran itu, baru mulai mencari tahu tentang TMI dan TID di internet, dan bilang pada diri sendiri, "WOW it's a huge deal" jadi senang banget bisa mendapatkan peran Jem. Terlebih lagi di Amerika, nggak banyak peran yang bisa didapat untuk cowok Asia, selain peran untuk cowok-cowok nerd Asia yang biasanya ada di film haha

Apa yang diingat tentang Jakarta dulu dan apa perbedaannya dengan Jakarta yang dilihat saat ini?

Dulu yang diingat Jakarta itu tempat yang kecil. Karena dulu masih kecil, sekitar umur 10 tahun, bahkan saya jarang ke mal. Teknologinya berubah pesat. Tadi mampir ke mal dan melihat direktorinya berupa layar sentuh! Bahkan Amerika Serikat aja nggak punya teknologi itu, direktori malnya masih berupa daftar tulisan panjang, kita harus lihat, baca dan cari, bukannya layar sentuh apalagi video seperti yang ada di sini. Jadi tadi sempat kaget lihatnya.
Jakarta masih panas. Dan macetnya, wow (Yoshi sampai menutup muka). Tapi sebenarnya di Indonesia saya belajar naik motor, tepatnya di Bali, karena jalanannya lengang dan tidak terlalu macet.
Makanannya... Hmmm, saya cinta masakan Indonesia.

Apa makanan Indonesia favorit Yoshi?

Pertanyaan yang sulit (Yoshi mikir lama banget). Sepertinya semua jenis sate. Juga nasi bungkus, karena ada segala macam masuk ke situ dan suka kombinasi rasanya. Kalau jajanan, sukanya lemper dan martabak. (saat menyebutkan nama makanan ini, Yoshi menyebutkannya dalam bahasa Indonesia)

Berita terakhir mengatakan The Infernal Devices akan dibuatkan film. Yoshi pernah mengatakan tertarik untuk kembali memerankan Jem Carstairs di film, apa alasannya? 

TID punya banyak fans tapi bukan itu alasannya. Jem karakter yang menarik dan sangat berbeda dengan saya, jadi butuh skill yang luar biasa untuk bisa memerankan Jem. Saya merasa tertantang.
Saya berteman baik dengan Skyler Hart (Will di Clockwork Princess booktrailer) dan kami berdua punya rencana untuk membuat video, sebagai Will dan Jem, sebelum film TID benar-benar keluar. Jadi fans dan yang lain bisa melihat kami cocok sebagai Will dan Jem.
Di video ini saya akan menata rambut dengan lebih baik, berwarna perak seperti Jem, biar nggak ada lagi yang komplain. Kemarin mereka (Dirty Robber) tidak mengubah warna rambut saya, bahkan membuat Jem kelihatan tua, sampai saya bilang "Bukannya Jem seharusnya berumur 17 tahun?" Tapi sepertinya mereka tidak tahu itu.

Pilih salah satu, menonton film, mendengarkan musik atau membaca buku?

Menonton film. Saya cowok yang sangat visual, jika saya melihat sesuatu saya bisa merasakannya masuk ke dalam hidup saya dengan lebih kuat. I need to see things. Bahkan jika saya memulai proses reading, saya selalu membayangkannya, jadi bisa melihatnya dengan mata kepala sendiri. Itu membantu saya untuk belajar atau apa saja. Jadi ya, menonton film.

Jadi Yoshi tidak membaca buku?

Baca, tapi bukan buku seperti itu (maksudnya Clockwork Princess, dan dijawab sambil tertawa). Yang dibaca Ender's Game, lebih ke scifi, game atau buku lainnya yang sejenis.




Yoshi menandatangani poster yang dibawanya dari LA khusus untuk Shadowhunters Indonesia


Hal tergila apa yang pernah Yoshi lakukan? (Meskipun video Apartment 210 semuanya gila)

Well, saat ini, yang tergila adalah saya harus melompat dari ketinggian 45 kaki ke dalam air dan berlarian melakukan aksi laga, 3 hari sekali di wahana Waterworld, Universal Studio di Los Angeles. Itu salah satu pekerjaan saya saat ini. (saat TMIndo bilang pernah menonton aksi itu di US Singapore, Yoshi bilang yang di LA pasti lebih bagus. Promosi banget nih Shadowhunters :D)

Kalau jadi Downworlders, lebih memilih jadi vampir, werewolf, warlock atau peri?

Yang jelas bukan peri haha... jadi werewolf aja. (admin langsung bayangin Yoshi jadi salah satu anak buah Luke dan shirtles hmmm)

Ada pertanyaan dari Shadowhunter, Florencia, yang bertemu Yoshi di bandara kemarin. Dia tanya parfum apa yang dipakai Yoshi karena Yoshi wangi banget.

Betulan dia tanya itu? Itu parfum keringat 24 jam! (Yoshi ngakak berat). Malah lebih dari 24 jam karena dari LA saya transit dulu di Taipei lalu baru ke Jakarta. Flo tanya itu dengan tulus apa meledek ya? Haha

Karena Yoshi suka cosplay, apa tokoh paling favorit untuk cosplay?

Kalau Naruto, saya lebih memilih jadi Rock Lee. Saya juga kelihatan lebih cocok jadi Gohan  daripada Goku (Dragon Ball). Tapi yang paling favorit mungkin Zuko (Avatar - Legend of Aang), saya akan kelihatan keren bermain dengan api haha

Di JustKiddingFilms, Yoshi lucu banget. Kalo bisa memilih, jadi komedian atau stuntman?

Stuntman.

Sebagai stuntman, seberapa 'rusak' nih selama ini, pernah cedera?

Nggak terlalu parah kok. Pernah patah tulang belakang, gigi patah, lalu bagian belakang kepala pernah bocor, jari patah, sama sekali nggak parah. (???!!!!??) Lalu di Waterworld, pernah juga jatuh menghantam air tapi ternyata membentur dasar dan gigi depan sampai hancur.


Yoshi dan TMIndo (Ratih, Gita, Trias, Eka)


Nah itu dia ngobrol serunya bareng Yoshi Sudarso. Jangan lupa, Yoshi akan mengusahakan untuk bisa datang ke nobar City of Bones. Dan ini dia video pesan istimewa dari Yoshi untuk Shadowhunters Indonesia.



Ingin kenal Yoshi Sudarso lebih jauh? Shadowhunters bisa follow Yoshi di Twitter, Facebook, Instagram, Blog dan jangan lupa cek IMDb Yoshi.

Terima kasih sudah bersedia menemui The Mortal Instruments Indonesia, Yoshi :)

3 komentar:

  1. dia bisa bahasa indonesia gk sih ?

    BalasHapus
  2. Bagi Anda yang punya usaha martabak, saya punya kabar gembira untuk Anda. Saya memiliki Box Makanan yang dapat Anda cetak dengan gambar suka-suka pada bagian atas kemasan makanannya. Kemasan makanan ini anti minyak dan juga anti bocor.

    Dijamin martabak milik Anda takan membuat pelanggan Anda resah dnegan kemasan lama yang mudah bocor dan mengeluarkan minyak berlebih.

    BalasHapus