Minggu, 10 Juni 2012

The Shadowhunter's Codex

The Shadowhunter's Codex adalah kamus yang berisi istilah, nama,nama tempat, dll dari The Mortal Instruments dan The Infernal Devices.

The Shadowhunter's Codex akan terbit November 2013 dan selain menjelaskan serba-serbi Dunia Bayangan, buku ini juga akan memuat ilustrasi-ilustrasi TMI dan TID dari berbagai artist.

Khusus untuk Shadowhunter Indonesia, TMIndo membuat Shadowhunter' Codex versi lokal (?) agar Shadowhunters dapat lebih mengenal Dunia Pemburu Bayangan.


 
A
 Abbadon : Salah satu Iblis paling kuat, wujudnya sangat mengerikan, seperti sekumpulan daging dengan darah yang memancar. Iblis ini memiliki tinggi 9 kaki dan gerakannya lebih cepat dari gerakan Shadowhunter.

Agramon :  Iblis yang tidak berbentuk. Akan memperlihatkan wujudnya sesuai dengan rasa takut musuhnya yang paling besar.

Ahiab : Iblis yang memiliki bentuk tubuh seperti kadal. Dia buta tetapi memiliki penciuman yang sangat tajam. Sederet gigi tajam berada ditempat yang seharusnya adalah mata.

Alexander Gideon Lightwood (Alec) : Anak lelaki pertama dari keluarga Lightwood dalam seri The Mortal Instruments. Berusia 18 tahun, berambut hitam dan mata berwarna biru. Alec takut dengan laba-laba. Parabatai dari Jace.

Aloysius Fairchild : Ayah dari Granville Fairchild II, ayah mertua dari Adele Nightshade-Fairchild, Kakek dari Jocelyn Fairchild, dan kakek buyut dari Jonathan dan Clarissa Morgenstern.

Aldertree : Inkuisitor di City of Glass menggantikan  Inkuisitor sebelumnya, Imogen Herondale yang meninggal dalam perang dengan Valentine di kapal Brooklyn


Alexei de Quincey: kepala klan vampir London. Pada 1870-an, de Quincey dikenal sebagai pemimpin dari Klub Pandemonium.

Alicante : dikenal juga sebagai Kota Kaca, merupakan kampung halaman dari Nephilim. Merupakan ibukota dari Idris, negara asal Pemburu Bayangan.

Aline Penhallow: Sepupu Sebastian yang digambarkan memilki pribadi yang konservatif tentang masalah Downworlders serta  ingin tahu tentang banyak hal, terutama vampir. Dia sempat naksir dengan Jace dan belakangan di ketahui bahwa dia berkencan dengan Helen Blackthorn, kakak dari Julian Blackthorn (The Dark Artifices).

Amatis Herondale: kakak Luke Garroway/Lucian Graymark dan mantan istri Stephen Herondale.


Annamarie Highsmith:  Anggota dari Konklaf New York , merupakan wanita idaman lain Robert Lightwood. Annamarie berpartisipasi dalam Perang Mortal. Dia berjuang bersama Shadowhunters lainnya terhadap Valentine.

Azazel : Salah satu Iblis kuat yang biasanya disebut juga Prince of Hell kedua setelah Lucifer. Dia adalah Letnan neraka dan merupakan pemalsu senjata. Dialah yang mengajarkan manusia untuk membuat senjata, yang mengakibatkan kerusakan di bumi, karena itulah dia dibuang ke neraka.

Adamas : Zat murni yang digunakan untuk membuat senjata Pemburu Bayangan, stela, Piala Mortal, Pedang Mortal dll. Yang bisa mengolah bahan ini adalah para Saudari Besi.
 
B

Barbara Lightwood : Istri dari Benedict Lightwood dan ibu dari Gideon Lightwood, Gabriel Lightwood dan Tatiana Lighwood. Saat Gideon berumur 5 tahun, Barbara bunuh diri. Kabarnya bunuh dirinya disebabkan oleh kesedihan hatinya karena saudaranya Silas Lightwood yang meninggal (juga karena bunuh diri), tapi penyebab sebenarnya terungkap karena suaminya memberinya penyakit Demon Pox yang sulit disembuhkan.

Benedict Lightwood : Salah satu Pemburu Bayangan dari abad 19 di London. Suami dari Barbara Lightwood dan ayah dari Gideon, Gabriel dan Tatiana Lightwood. Tidak menyukai Charlotte Branwell dan sangat ingin menjadi pemimpin Institut London.

C
Clarissa Fray (Clary) : Disebut juga sebagai Clary Morgenstern (Ayah : Valentine Morgenstern) atau Clary Fairchild (Ibu Jocelyn Fairchild) Merupakan tokoh utama dalam seri The Mortal Instruments. Berambut merah. Ia dapat membuat (mengukir ; menggambar) rune-rune jenis baru.

Camille Belcourt : Dikenal juga sebagai Lady Belcourt. Merupakan mantan pacar dari Magnus Bane. Dia juga merupakan informant untuk Institute di London. Camille digambarkan sangat cantik, dengan rambut pirang dan mata hijau.

Celine Herondale : Merupakan Ibu kandung dari Jace dan istri (kedua) dari Stephen Herondale. Digambarkan Jace sangat mirip dengan Celine dengan rambut pirang dan mata emasnya.

Cecily Herondale : Adik dari Will Herondale. Dia anak termuda dari pasangan Edmund Herondale dan Mrs. Herondale. Cecily muncul di buku Clockwork Prince, mendatangi Institut London dan mengatakan ingin agar dirinya dilatih sebagai Pemburu Bayangan.

D
Demon Pox : Cacar iblis adalah penyakit yang didapatkan dari hasil berhubungan badan antara manusia dan iblis. Benedict Lightwood mengidap penyakit ini, dan menularkannya pada istrinya, Barbara Lightwood.

E 
Emma Carstairs: Shadowhunter dari Institut Los Angeles. Orang tua Emma tewas di pertarungan di City of Glass. Dia bertekad untuk memburu mereka yang bertanggung jawab atas pembunuhan orangtuanya.



Ella Herondale: anak tertua dari Edmund Herondale dan merupakan kakak dari Will Herondale.

Enclave : Penduduk Shadowhunter dari daerah tertentu. Mereka dipimpin oleh kepala Institut. Setiap Shadowhunter aktif di suatu daerah milik Enclave tertentu (contoh: Konklaf di New York).


F
Fredrick Ashdown : Shadowhunter dari 1870-an. Dia adalah anggota di Enclave London.

G
Gideon Lightwood : Anak tertua dari Benedict Lightwood dan Barbara Lightwood. Dia berumur sembilan belas di Clockwork Angel dan pertama kali muncul di Clockwork Prince. Dia belajar tentang budaya Shadowhunter lainnya dari Institut Madrid. Menjalin hubungan dengan Sophie Collins.

Gabriel Lightwood :  Adik dari Gideon Lightwood dan digambarkan sangat membenci Will Herondale.

H
Henry Branwell : Suami dari Charlotte Branwell dan seorang ilmuwan macam. Dia memiliki sebuah laboratorium di ruang bawah tanah di bawah Institut London.

I
Idris : Negara asal para Pemburu Bayangan. Dapat dikatakan sebagai 'City of Glass' karena memiliki menara-menara kaca yang merupakan penangkal iblis. Lokasinya terletak di antara Perancis dan Jerman, namun tidak ada di dalam peta. Jika Fana kebetulan melintasinya, maka akan secara otomatis akan muncul di perbatasan di negara lain yang berdampingan dengan Idris.

Iron Sisters : Saudari Besi adalah pasangan dari Saudara Hening. Mereka tinggal di Kota Hening tepatnya Benteng Adamant dan bertugas membuat senjata untuk para Pemburu Bayangan.

J

James Carstairs (Jem) : Seorang Shadowhunter dari London di seri The Infernal Devices. Fasih berbahasa Cina. Memiliki penyakit sehingga harus terus menerus mengonsumsi yin feng. Gemar bermain biola. Parabatai dari Will Herondale. Memiliki perasaan terhadap Tessa Gray.

Jace Wayland/Morgenstern/Herondale/Lightwood : Seorang Shadowhunter digambarkan sebagai sosok yang arogan, percaya diri dengan penampilan dan kemampuannya yang menurutnya diatas rata-rata Shadowhunters lain.

Java Jones : Sebuah coffee shop tempat Eric sahabat Simon kerap membacakan puisinya, dan tempat Simon hampir menyatakan cintanya pada Clary.

K
Kaelie : Dia adalah seorang pelayan dari Ratu Seelie dan juga bekerja di restoran Taki. Pernah berkencan dengan Jace..

L
Luke Garroway atau Lucian Graymark : Manusia serigala yang tinggal di New York dengan nama Luke Garroway. Saat ini ia adalah pemimpin dari klan werewolf di New York. Dulu merupakan parabatai dari Valentine Morgenstern.

M
Magnus Bane : Warlock tertinggi di Brooklyn. Ia gemar mengadakan pesta untuk para Downworlders dan Shadowhunters. Warna rambut hitam dan warna mata hijau dan kuning. Lahir di Batavia, 1640. Memiliki darah separuh Indonesia dan separuh Belanda. Diangkat oleh para Silent Brothers di Madrid dan memperoleh nama dari mereka.

N
Nephilim : Juga dikenal sebagai Shadowhunter. Merupakan ras manusia yang lahir dengan darah malaikat. Bertugas untuk membunuh iblis dan mengamankan manusia fana. Nephilim yang baru lahir diberi mantra yang membuat mereka terlindungi dari serangan Iblis. Dalam perihal pernikahan, umumnya kaum wanita memakai pakaian emas dan kaum lelaki memakai pakaian putih. Diselenggarakan di The Accords Hall di Alicante dan ditandai dengan saling menato rune komitmen masing-masing pada bagian dada (jantung) dan lengan. Dalam upacara kematian, Shadowhunter biasanya mengucapkan "Ave Atque Vale" ("hail and farewell.") Jasadnya dibakar dan abunya dikubur. Para Shadowhunter menggunakan baju berwarna putih untuk kematian dan warna hitam untuk pertarungan.

P
Parabatai : Bisa juga dikatakan sebagai pasangan seumur hidup dalam dunia Shadowhunters. Parabatai merupakan sejenis 'partner' hanya saja setelah penobatan, ikatan diantara dua shadowhunters tersebut sangat erat bagai mendarah daging. Parabatai terdiri hanya dari dua orang (Male-Male, Male-Female, Female-Female) Mereka yang telah menjadi parabatai tidak bisa menikah dengan parabatainya sendiri. Sekali salah satu dari parabatai tersebut meninggal dunia, kedudukannya tidak bisa digantikan.

Pyxis : Sebuah kotak untuk mengunci iblis. Will pernah membuka Pxyis saat kecil dan dikutuk oleh iblis yang ada di dalamnya.

Portal : Sebuah pintu ajaib 5 dimensi yang bisa membawa Pemburu Bayangan dari satu tempat ke tempat lainnya hanya dengan membayangkan tempat tujuannya. Ada 2 portal di New York, yaitu di dalam rumah Madame Dorothea dan di Renwick. Magnus dan Clary bisa membuat portal.


R
Rune : Merupakan tanda yang berbentuk seperti tato karena diukir pada kulit para Shadowhunters dengan menggunakan stele. Rune sendiri ada berbagai macam jenisnya dan memiliki banyak efek. Rune-rune inilah yang membuat para shadowhunters jauh lebih kuat daripada manusia fana. Semakin dekat rune tersebut digambarkan dengan jantung, maka semakin kuat juga efeknya. Beberapa rune bersifat sementara (temporary) Contoh rune : Iratze (healing), Fearless, Mendelin (Invisibility), Alliance (Bersekutu), Open (membuka), Cain (tanda yang dibuat Clary untuk Simon, efeknya adalah siapapun yang berusaha melukai Simon malah akan melukai diri sendiri)
Macam-macam Rune :

  1. Rune Acid : Dapat membakar benda yang mendarat di atas permukaan kulitnya seperti pengaruh acid.
  2. Rune Alliance : Memungkinkan para Shadowhunters dan Downworlders saling berbagi kekuatan. Rune ini diciptakan oleh Clary Fray.
  3. Rune Agility : Membuat Shadowhunter bisa bergerak dengan cepat dan anggun.
  4. Rune Angelic : Diaplikasikan pada senjata Shadowhunter agar ampuh dalam membasmi iblis dan menghilangkan jejak iblis pada senjata tersebut.
  5. Rune Binding : Berguna untuk mengikat. Berlaku seperti borgol polisi di dunia manusia.
  6. Rune Clairvoyant Sight : Membuat penglihatan Shadowhunter lebih jeli dan dapat melihat yang tak kasatmata, dalam kasus ini, bisa melihat menembus Glamor.
  7. Rune Courage : Pemakai akan merasa lebih berani dan tanpa ragu ketika dalam tugas membasmi Iblis.
  8. Rune Deflect/Block : Mampu memblokir serangan yang datang pada si pemakai.
  9. Rune Destruction : Tampilannya seperti Rune Pembuka (Opening) yang belum selesai. Diciptakan oleh Clary dalam buku City of Lost Souls.
  10. Rune Dexteritas : Memberikan Shadowhunter kemampuan untuk bergerak, berpikir, bertindak lebih cepat.
  11. Rune Enkeli  : Memiliki fungsi yang sama dengan Angelic Rune.
  12. Rune Fearless : Memiliki fungsi yang hampir sama dengan Courage. Rune ini diciptakan oleh Clary Fray.
  13. Rune Fire : Digunakan untuk membuat api.
  14. Rune Fortitude : Memberikan Shadowhunter kekuatan dalam, tekad kuat dan bulat.
  15. Rune Fortis : Memberikan Shadowhunter kekuatan (strenght)
  16. Rune Insight/Foresight : Membantu Shadowhunter dalam menilai situasi dan kondisi sekitar, para manusia, dll. Hal ini berguna untuk semakin meningkatkan kewaspadaan para Shadowhunter sehingga lebih siap untuk bertarung setiap saat.
  17. Rune Iratze (Heal Painless) : Dibuat sebelum Shadowhunter pergi bertarung. Gunanya agar ketika terluka nanti, luka akan lebih cepat sembuh. Rune ini akan memberikan efek yang lebih kuat jika dilakukan kepada Shadowhunter yang terluka oleh parabatai-nya.
  18. Rune Mark of Cain : Bukan sungguh-sungguh Rune Shadowhunter. Diciptakan oleh Clary untuk Simon. Rune ini berguna untuk melindungi Simon agar siapapun yang menyerangnya akan terkena serangan balik tujuh kali lebih kuat.
  19. Rune Mendelin : Berguna untuk menghilang.
  20. Rune Mnemosyne : Rune pengingat / memori.
  21. Rune Necromancy : Diciptakan oleh Clary dengan tujuan untuk membawa kembali Shadowhunter yang telah meninggal. Tidak secara permanen, tetapi hanya agar ia dapat berbicara selama beberapa saat. Namun Rune ini tidak sempurna, sehingga membuat Shadowhunter yang telah meninggal tidak dapat bicara karena kesakitan. Rune ini bisa menghilang dan akhirnya Shadowhunter tersebut akan mati kembali.
  22. Rune Night-Vision : Membuat Shadowhunter mampu melihat dalam gelap
  23. Rune Open : Rune simpel yang diciptakan Clary untuk membuka portal.
  24. Rune Parabatai : Rune yang dibuat saat Upacara Penobatan Parabatai. Bertujuan untuk mengikat dua Shadowhunter (parabatai) secara permanen hingga salah satu meninggal dunia. Mampu membagi kekuatan satu sama lain.
  25. Rune Quietude : Rune yang dimiliki para Saudara Hening yang ada di belakang leher. Bertujuan untuk membungkam/membuat diam.
  26. Rune Sangliers : Dikenal sebagai Blood Transfer Rune. Berguna untuk transfusi darah tetapi sangat berbahaya.
  27. Rune Soundless : Membuat Shadowhunter tidak akan menimbulkan suara.
  28. Rune Speed : Membuat Shadowhunter bergerak cepat dalam segala situasi dan kondisi. Mirip dengan Rune Agility
  29. Rune Strength : Meningkatkan kekuatan fisik Shadowhunter
  30. Rune Thermis : Membuat Shadowhunter merasa hangat
S
Silent Brothers : Merupakan grup yang terdiri dari Shadowhunters kaum pria. Untuk menguatkan pikiran mereka, mereka telah menggunakan rune paling kuat yang pernah dikenal kaum Shadowhunters. Meski begitu, Silent Brothers tidak bisa berbicara melalui bibir melainkan melalui pikiran. Mereka adalah grup yang paling ditakuti oleh para Shadowhunters sekaligus juga yang paling kuat. Pakaian mereka adalah jubah panjang dengan tudung kepala yang menutupi sebagian besar wajah mereka. Mereka tidak memiliki mata, dan bibir mereka dijahit. Seluruh tubuh mereka terutama bagian kepala (tengkorak) dipenuhi oleh runes. Abiliti mereka adalah membaca pikiran, menghancurkan pikiran, dan membuat rune.

Simon Lewis : Sahabat dari Clary Fray. Merupakan seorang Fana yang diubah menjadi Vampir karena ia menggigit seorang vampir bernama Raphael. Berusia 16 tahun, dikenal juga sebagai Daylighter (Vampir yang bisa berjalan-jalan dibawah matahari) karena meminum darah Jace. Seorang Yahudi. Memiliki seorang Kakak perempuan. Warna rambut dan mata cokelat.

T
Theresa Gray (Tessa) : Berasal dari New York,  Amerika, Tessa datang ke London untuk bertemu dengan kakaknya, Nathaniel Gray. Tessa tergolong sebagai Warlock atau Downworlder karena abilitinya yang bisa berubah bentuk (Shapeshifting) Bergabung bersama Insititut di London. Rambutnya berwarna cokelat. Ia gemar membaca. Memiliki perasaan antara Will Herondale dan Jem Carstairs.

Tatiana Lightwood :   Saudara perempuan dari Gabriel and Gideon Lightwood. Sewaktu berumur 12 tahun ia sempat memiliki ketertarikan terhadap Will Herondale.

Thomas Tanner : Pengemudi kereta kuda di Institute London, keluarganya turun-temurun telah melayani keluarga Shaduwhunter. Setelah tewas dalam perlawanan terhadap Clockwork machine, Ia mendapat kehormatan, abunya disebar di Silent City, suatu kehormatan yang sangat jarang diberikan kepada nonshadowhunters.

Taki : Sebuah restoran yang sering didatangi oleh karakter dalam buku TMI. Tidak terlihat oleh Fana. Menyediakan menu bagi Penghuni Dunia Bawah, misalnya darah untuk vampir.

W
William Herondale (Will) : Seorang Shadowhunter dari Institute London. Digambarkan memiliki mata berwarna biru dan memliki rambut berwarna hitam. Meski digambarkan sebagai sosok yang menyebalkan dan arogan tetapi ia rela mengorbankan dirinya demi orang yang disayanginya. Will memiliki kakak dan adik yaitu Ella dan Cecily. Will adalah parabatai Jem Carstairs.

Whip (Cambuk) :  Cambuk berupa gelang milik Isabelle ini sangat kuat, dan dapat menembus tulang manusia. Dan merupakan senjata andalan Isabelle.

Witchlight  : Batu suluh sihir yang bisa memancarkan cahaya. 

Whitelaw (Inquisitor Whitelaw) : Whitelaw menjabat sebagai Inquisitor pada tahun 1878. Memiliki wajah yang tegas serta suara dan tatapan mata yang dingin.

Y
Yanluo : Salah satu "Greater Demon". Yanluo membunuh keluarga Jem dan membuat Jem kecanduan terhadap darahnya, dengan menyuntikkannya ke tubuh Jem. Dan membuat Jem tidak dapat bertahan hidup tanpa serbuk tersebut. 

Yin Feng : Serbuk yang terbuat dari darah iblis. Jem Carstairs menjadi kecanduan terhadap bubuk ini. karena penyakitnya. Tanpa bubuk ini kekuatannya sebagai Shadowhunter akan melemah.

York Institute : Terletak di York, Inggris. Pada tahun 1878, dijalankan oleh Aloysius Starkweather. Keluarga   Starkweather mengepalai York Institute secara turun temurun. York Institute lebih kecil dari London Institute. Tessa menggambarkan Institute ini seperti sebuah gereja yang indah dan dikelilingi oleh dinding dan rumput yang indah. 

Z
Zachariah (Brother Zachariah) : Salah satu dari Saudara Hening (Silent Brothers). Brother Zachariah dulunya adalah seorang Shadowhunter, tidak seperti Silent Brothers yang lain Brother Zachariah masih memiliki rambut dan mata.

3 komentar: